VISI, MISI DAN TUJUAN - SD NEGERI 1 BAJONG




 BAB II

VISI, MISI DAN TUJUAN

 

A.    Visi Satuan Pendidikan

SD Negeri 1 Bajong mengusung visi: Terwujudnya Peserta Didik yang Berprestasi, Cinta Lingkungan dan Berkarakter Pancasila.

Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:

1.  Berprestasi, sebagai hasil akhir dalam sebuah proses, prestasi merupakan tolak ukur sebuah proses. Prestasi tak hanya berkisar pada kemampuan kognitif dalam ajang prestatif saja namun lebih pada keberhasilan menemukan kemampuan diri, mengembangkan talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat

2. Cinta Lingkungan, Mengembangkan sikap kebiasaan hidup bersih dan cinta lingkungan terhadap semua warga sekolah. Melestarikan fungsi-fungsi lingkungan hidup melalui pembelajaran terintegrasi. Mewujudkan pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Mengadakan aksi-aksi lingkungan hidup.

3. Berkarakter Pancasila, mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam aktualisasi kehidupan.

B.     Misi Satuan Pendidikan

Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SD Negeri 1 Bajong  menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:

1. Menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pengamalan ajaran agama.

2. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbinan melalui peningkatan kualitas PTK dan sarana prasarana.

3.    Mengembangkan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan minat, bakat, dan potensi peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler.

4. Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, kewirausahaan, dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.

5.    Menjalin kerja sama yang harmonis antara warga sekolah dan lembaga lain yang terkait.

6.  Melaksanakan hidup bersih, sehat, cinta lingkungan sekolah dan masyarakat melalui kegiatan pembiasaan.

C.    Tujuan Pendidikan

1.      Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana tercantum dalam UU No. 22 Tahun 2003 Pasal 3 adalah Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

D.    Tujuan Satuan Pendidikan

Tujuan yang diharapkan oleh SD Negeri 1 Bajong dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

1.         Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)

a.    Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.

b.  Mengoptimalkan sarana prasana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar.

c.    Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem digitalisasi

d.    Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial.

e.  Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.

f.     Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah.

g.    Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.

h.    Melaksanakan program dan pembelajaran HOTs untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas.

i.      Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.

j.      Mempertahankan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.

2.         Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)

a.  Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek Al Qur’an dan doa-doa harian.

b. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.

c. Sekolah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi.

d.    Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada iman.

e.    Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi daerah.

f.     Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya lokal.

g.  Memotivas pesert didi untuk   menggaga inovas sederhan untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.

h.  Menyelenggarakan     kegiatan     ekstrakurikuler     yang     optimal     dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.

3.         Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)

a.    Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi beragama.

b.    Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar sejati.

c.    Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas sekolah.

d.    Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal.

e.    Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.

f.     Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan sekolah.

g.    Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif yang positif.

h.    Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.

4.         Kompetensi Karakteristik Kekhasan Lulusan Sekolah

Sekolah sebagai tempat menempuh ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter generasi bangsa. Profil Pelajar Pancasila diharapkan mampu membentuk sumber daya manusia yang unggul sebagai pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam pencapaian visi, misi dan tujuan sekolah, maka disusun kompetensi lulusan peserta didik SD Negeri 1 Bajong sebagai alat ukur pencapaian kurikulum dan target pelaksanaan proses pembelajaran pelaksanaan kurikulum operasional SD Negeri 1 Bajong.

Adapun kompetensi lulusan SD Negeri 1 Bajong mempertimbangkan dimensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara berimbang sesuai capaian pembelajaran pada setiap fase di sekolah dasar, membentuk Profil Pelajar Pancasila, dan inovatif, tangguh dan memiliki kecakapan hidup yang dibutuhkan untuk masa depannya. Berikut adalah kompetensi lulusan yang ingin dicapai SD Negeri 1 Bajong:

a.    Memiliki perilaku yang menunjukkan akhlak mulia.

b.    Memiliki dan menjunjung nilai harmonisasi keragaman dan gotong royong.

c.  Memilik pengetahuan   dan   keterampilan   sebaga dasar   mengembangkan kecakapan hidup.

d.    Memiliki kemampuan bernalar kritis dan berkomunikasi efektif.

e. Memiliki kreativitas, kemandirian dan inovatif dalam menjawab tantangan perkembangan zaman.

f.  Membentuk individu sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berpikir global dengan tetap menjunjung nilai budaya bangsa.

g.    Adapun kriteria untuk kelulusan peserta didik dari SD Negeri 1 Bajong   adalah sebagai berikut:

1)        Menyelesaikan seluruh program pembelajaran,

2)        Memiliki  deskripsi  sikap  minimal  baik  sesuai  dengan  kriteria  yang  telah ditetapkan,

3)        Lulus ujian sekolah,

4)       Mencapai nilai rata-rata pencapaian minimal ujian sekolah paling rendah 70, dan ditetapkan rapat pleno dewan guru dan kepala sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KURIKULUM OPERASIONAL SD NEGERI 1 BAJONG - TAHUN PELAJARAN 2023 / 2024

PERFORM SISWA SD NEGERI 1 BAJONG DI MALAM PUNCAK RESEPSI DESA BAJONG DALAM RANGKA HUT RI KE-78 TAHUN 2023