VISI, MISI DAN TUJUAN - SD NEGERI 1 BAJONG
BAB II
VISI, MISI DAN
TUJUAN
A.
Visi Satuan
Pendidikan
SD
Negeri 1 Bajong mengusung visi:
Terwujudnya Peserta Didik yang Berprestasi, Cinta Lingkungan dan Berkarakter Pancasila.
Adapun indikator
ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:
1. Berprestasi, sebagai hasil akhir dalam sebuah proses,
prestasi merupakan tolak ukur sebuah proses. Prestasi
tak hanya berkisar
pada kemampuan kognitif
dalam ajang prestatif
saja namun lebih pada keberhasilan menemukan kemampuan diri, mengembangkan talenta
dan kecakapan hidup yang bermanfaat
2. Cinta Lingkungan, Mengembangkan sikap kebiasaan hidup
bersih dan cinta lingkungan terhadap semua warga sekolah. Melestarikan
fungsi-fungsi lingkungan hidup melalui pembelajaran terintegrasi. Mewujudkan
pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan dalam kegiatan ekstrakurikuler.
Mengadakan aksi-aksi lingkungan hidup.
3. Berkarakter Pancasila,
mengimplementasikan Profil Pelajar
Pancasila dalam aktualisasi kehidupan.
B. Misi Satuan Pendidikan
Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SD Negeri 1 Bajong menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:
1. Menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan
Yang Maha Esa melalui pengamalan ajaran agama.
2. Mengoptimalkan proses
pembelajaran dan bimbinan melalui peningkatan kualitas PTK dan sarana
prasarana.
3.
Mengembangkan bidang ilmu pengetahuan dan
teknologi berdasarkan minat, bakat, dan potensi peserta didik melalui kegiatan
ekstrakurikuler.
4. Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan
pembiasaan, kewirausahaan, dan pengembangan diri yang terencana dan
berkesinambungan.
5. Menjalin kerja sama yang harmonis antara warga
sekolah dan lembaga lain yang terkait.
6. Melaksanakan hidup bersih, sehat, cinta lingkungan
sekolah dan masyarakat melalui kegiatan pembiasaan.
C. Tujuan Pendidikan
1. Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana
tercantum dalam UU No. 22 Tahun 2003 Pasal 3 adalah Pendidikan nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
D. Tujuan Satuan Pendidikan
Tujuan
yang
diharapkan
oleh SD
Negeri 1 Bajong dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
1.
Tujuan
Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)
a.
Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.
b. Mengoptimalkan sarana prasana sekolah untuk menunjang
rancangan
pembelajaran
yang
memotivasi keinginan selalu belajar.
c.
Menyelenggarakan
sistem penilaian dengan sistem digitalisasi
d.
Meningkatkan
simpati dan empati peserta didik
dalam kepedulian
sosial.
e. Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.
f.
Merancang pembelajaran
yang bangga akan
potensi daerah.
g.
Menerapkan
pondasi gotong royong dalam kegiatan
kelas hingga sekolah.
h.
Melaksanakan program dan pembelajaran HOTs untuk memperkuat bernalar kritis dan
kreativitas.
i.
Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
j.
Mempertahankan
prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.
2.
Tujuan
Jangka Menengah
(2-3
tahun ke depan)
a. Meningkatkan
kemampuan peserta didik
dalam menghafal surat-surat pendek Al Qur’an dan doa-doa harian.
b. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada
keterampilan dan kecakapan hidup
sesuai bakat dan
minatnya.
c. Sekolah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi.
d.
Membudayakan
gerakan kebersihan sebagian
daripada iman.
e.
Meningkatkan kecintaan dan
kebanggan
terhadap
potensi daerah.
f.
Melakukan kerjasama
dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility
(CSR) perusahaan
untuk
merancang
program pembelajaran
berbasis budaya lokal.
g. Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan
solusi dalam kehidupannya.
h. Menyelenggarakan kegiatan
ekstrakurikuler yang optimal
dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan
potensi peserta didik.
3.
Tujuan
Jangka Panjang (4 tahun ke depan)
a.
Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi beragama.
b.
Menghasilkan lulusan
yang memiliki mental pembelajar sejati.
c.
Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas
sekolah.
d.
Menyusun pembelajaran dengan
bahan ajar mandiri
untuk meningkatkan
kecintaan pada budaya lokal.
e.
Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, dunia usaha dan industri)
untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi
berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.
f.
Membudayakan
lingkungan belajar dan
karakter
inovatif
cepat
tanggap di lingkungan sekolah.
g.
Membangun budaya dan
kultur
sekolah yang kompetitif yang
positif.
h.
Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat
bakat peserta didik.
4.
Kompetensi Karakteristik Kekhasan Lulusan Sekolah
Sekolah sebagai tempat menempuh
ilmu
pengetahuan
dan pembentukan
karakter generasi bangsa. Profil Pelajar Pancasila diharapkan mampu membentuk
sumber daya manusia yang unggul sebagai pembelajar sepanjang hayat yang
memiliki kompetensi global dan berperilaku
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam pencapaian visi, misi dan tujuan sekolah, maka disusun kompetensi lulusan peserta didik SD
Negeri 1 Bajong sebagai alat ukur pencapaian kurikulum dan target
pelaksanaan
proses pembelajaran
pelaksanaan kurikulum operasional SD Negeri 1 Bajong.
Adapun kompetensi lulusan
SD Negeri 1 Bajong mempertimbangkan dimensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara berimbang sesuai
capaian pembelajaran pada
setiap
fase di sekolah
dasar, membentuk Profil Pelajar
Pancasila,
dan
inovatif,
tangguh dan memiliki kecakapan
hidup
yang dibutuhkan untuk masa depannya.
Berikut adalah kompetensi lulusan
yang ingin dicapai SD Negeri 1 Bajong:
a.
Memiliki perilaku
yang
menunjukkan akhlak
mulia.
b.
Memiliki dan
menjunjung
nilai harmonisasi keragaman dan
gotong
royong.
c. Memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai dasar mengembangkan
kecakapan hidup.
d.
Memiliki kemampuan bernalar kritis dan berkomunikasi efektif.
e. Memiliki kreativitas,
kemandirian dan inovatif dalam menjawab tantangan perkembangan
zaman.
f. Membentuk individu sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berpikir global
dengan
tetap menjunjung nilai budaya bangsa.
g.
Adapun kriteria untuk kelulusan peserta didik dari SD Negeri 1 Bajong adalah sebagai
berikut:
1)
Menyelesaikan
seluruh
program pembelajaran,
2)
Memiliki deskripsi sikap
minimal baik sesuai dengan kriteria yang
telah ditetapkan,
3)
Lulus ujian sekolah,
4) Mencapai nilai rata-rata pencapaian minimal ujian sekolah
paling
rendah 70, dan ditetapkan
rapat pleno
dewan guru dan kepala sekolah.
Komentar
Posting Komentar